Inilah Rincian Tugas KPPS Pemilu, Gaji dan Tunjangan Pada Pemilu 2024

Belakangan ini viral di tiktok dan media sosial tentang gaji kpps hingga tugas kpp yang seolah terasa lebih mudah dibanding dengan pemilu sebelum 2024. Tentu kita haru tahu apa saja tugasnya sehingga banyak calon yang anti untuk mendaftar sebagai KPPS pada Pemilu 2024.

Apa itu KPPS dan apa tugasnya?
Bola.com, Jakarta - KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) adalah kelompok yang dibentuk PPS (Panitia Pemungutan Suara) untuk melaksanakan pemungutan suara di TPS (Tempat Pemungutan Suara). Penjelasan mengenai KPPS terdapat dalam PKPU Nomor 8 Tahun 2022 Pasal 1 ayat (9).

Apa tujuan dari KPPS?
Tugas KPPS dalam melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS salah satunya adalah dalam rangka mewujudkan kedaulatan pemilih, melayani pemilih menggunakan hak pemilih, memberikan akses dan layanan kepada pemilih disabilitas dalam memberikan hak pilihnya.

Apa saja yang dilakukan anggota KPPS?
Tugas Ketua KPPS meliputi persiapan hingga rapat pemungutan dan perhitungan suara. Dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2022 terdapat daftar tugas Ketua KPPS yang terdiri menjadi tiga bagian yakni persiapan pemungutan suara, rapat pemungutan suara dan perhitungan suara.

Berapa jumlah anggota KPPS dan tugasnya?

Anggota KPPS terdiri dari 7 orang, yang terdiri dari 1 orang ketua dan 6 orang anggota. Anggota KPPS keempat dan ketujuh merangkap tugas untuk menjaga ketertiban jika di TPS tersebut tidak terdapat petugas Satuan Perlindungan Masyarakat (LINMAS).


Berapa honor anggota KPPS?
Mereka juga mendapatkan gaji sebesar Rp1.100.000 bagi anggota KPPS Pemilu 2024. Kenaikannya mencapai Rp650.000 jika dibandingkan dengan honor KPPS pada Pemilu 2019 lalu, yaitu Rp500.000.

Kapan gaji KPPS diberikan?

Lebih lanjut, dilansir dari detikNews gaji KPPS akan cair satu bulan setelah masa kerja selesai. Sementara menurut laman resmi Pemerintahan Kota Kotamobagu Desa Bungko gaji KPPS akan cair paling cepat pada 25 Februari 2024. Demikianlah informasi terkait pencairan gaji KPPS 2024.

0 Comments