Inilah Amalan dan Keutamaan Malam Nuzulul Qur'an Ramadhan 1444 H Tahun 2023


Malam Nuzulul Quran merupakan salah satu malam penting bagi pemeluk agama Islam di kala bulan suci Ramadan. Ini merupakan malam diturunkannya Al-Quran untuk kali pertama. Kali ini, Malam Nuzulul Quran 17 Ramadhan 1444 H jatuh di antara Jumat, 7 April 2023 dan Sabtu, 8 April 2023. Artinya, mulai malam ini, Jumat (07/04/2023), umat Islam sudah bisa melakukan sederet amalan di Malam Nuzulul Quran.

Untuk diketahui, Nuzulul Quran merupakan proses diturunkannya Al-Quran secara sekaligus dan berangsur-angsur melalui perantara Malaikat Jibril.

Adapun terkait tentang bagaimana turunnya Al-Quran, terdapat dua proses yang berbeda sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Ibnu Abbas RA.

Firman Allah mengenai turunnya Al-Quran saat bulan Ramadhan:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ


Artinya: Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). (QS. Al Baqarah ayat 185)

Lantas, amalan apa yang perlu dilakukan pada malam Nuzulul Qur'an?


1. Memperbanyak Doa dan Salat Malam

Dikutip dari buku 'Traveling in Ramadhan' oleh Ummu Aisyah, malam Nuzulul Quran merupakan malam di mana para malaikat turun ke bumi untuk memberikan doa kepada setiap umat Islam yang beribadah pada malam yang penuh keberkahan ini.

Peristiwa Nuzulul Quran menjadi titik penting dalam kehidupan Rasulullah SAW dan Al-Quran sendiri menjadi mukjizat terbesar Rasulullah SAW. Memperbanyak sholat malam adalah amalan baik yang diamalkan pada malam Nuzulul Quran, selanjutnya memperbanyak doa sesuai hajat adalah juga bagian dari amalan pada malam Nuzulul Quran.


2. Itikaf di Masjid

Dikutip dari malut.kemenag.go.id, saat malam Nuzulul Quran kita dapat mengamalkan ibadah i'tikaf di masjid. I'tikaf adalah berdiam diri di masjid dengan melaksanakan amalan-amalan tertentu dengan niat karena Allah.

Amalan-amalan yang dimaksud seperti membaca Al-Quran, berdzikir, berdoa, dan melaksanakan sholat malam. Hadits yang menyarankan untuk melakukan i'tikaf adalah berikut ini.

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَعْتَكِفُ اْلعَشَرَ اْلأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللهُ ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ. [رواه مسلم[


Artinya: "Bahwa Nabi saw melakukan i'tikaf pada hari kesepuluh terakhir dari bulan Ramadhan, (beliau melakukannya) sejak datang di Madinah sampai beliau wafat, kemudian istri-istri beliau melakukan i'tikaf setelah beliau wafat." [HR. Muslim].


3. Tadarus Al-Quran

Mengingat Nuzulul Quran merupakan waktu penurunan Al-Quran ke bumi, maka sebagian ulama berpendapat amalan paling utama adalah membaca Al-Quran, Nuzulul Quran akan membuat kita bersemangat dalam memperbanyak baca Al-Quran dan mengkhatamkannya, sehingga mendapatkan pahala dan kemuliaan yang berlimpah. Umat Islam dapat melakukan tadarus Al-Qur'an secara bersama-sama di masjid.

Dikutip dari laman resmi NU, di dalam Al-Quran terdapat firman Allah SWT mengenai diturunkannya Al-Quran pada bulan Ramadhan, tepatnya pada malam Lailatul Qadar.


إِنَّآ أَنزَلۡنَٰهُ فِي لَيۡلَةِ ٱلۡقَدۡرِ

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan." (QS. Al-Qadr [97]: 1)

Terdapat hadits menunjukkan kesunahan bertadarus Al-Quran pada malam bulan Ramadhan secara berjamaah.

و دل الحديث أيضا على استحباب دراسة القرآن في رمضان والاجتماع على ذلك، وعرض القرآن على من هو أحفظ له، وفيه دليل على استحباب الإكثار من تلاوة القرآن في شهر رمضان


Artinya, "Hadits ini juga menunjukkan kesunahan bertadarus Al-Qur'an pada bulan Ramadhan secara berjamaah. Menyetorkan Al-Qur'an kepada orang yang lebih hafal darinya. Hadits ini sekaligus menunjukkan kesunahan memperbanyak membaca Al-Qur'an pada bulan Ramadhan." (Ibnu Rajab, Bughyah al-Insan fi Wadza'if Ramadhan, hal. 42)


4. Memperbanyak Zikir

Zikir merupakan salah satu amalan baik yang bisa dilakukan dan sangat dianjurkan saat ibadah di malam Nuzulul Quran karena dengan berzikir kita akan selalu mengingat Allah SWT. Kita akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat ganda dan turut mengimplementasikan literasi pada malam Nuzulul Quran dengan bacaan-bacaan dzikir.


5. Mengadakan Pengajian

Pada saat malam Nuzulul Quran, umat Islam dapat berkumpul bersama di masjid dengan menggelar pengajian, yang di dalamnya terdapat rangkaian acara ibadah bersama seperti kultum, membaca Al-Quran, sholawat bersama, dan memanjatkan doa bersama-bersama dengan niat baik dan ikhlas dalam memperingati malam turunnya Al-Quran yang penuh keberkahan dan keistimewaan.

0 Comments