Mengenal Angka Bahasa Sunda (Lengkap)

Bagaaimana ejaan Angka Dalam Bahasa Sunda yang mungkin masih asing  kita dengarkan sebagai dialektika sehari-hari selain Bahasa Indonesia.

Di sin akan dijelaskan tentang hitungan angka dalam bahasa Sunda yang mana lengkpa aantara satu sampai dengan sepuluh sebagai pembelajaran dasar  dalam bahasa Sunda.

Sedikit pengetahuan tentang Suku Sunda adalah kelompok etnis yang berasal dari bagian barat pulau Jawa, Indonesia, dengan istilah Tatar Pasundan yang mencakup wilayah administrasi provinsi Jawa Barat, Banten, Jakarta, Lampung dan wilayah barat Jawa Tengah (Banyumasan).

Suku Sunda tergolong etnis kedua terbesar di Indonesia selain suku di Jawa. Sekurang-kurangnya 15,2% penduduk Indonesia merupakan orang Sunda. Kebanyakan orang Sunda beragama Islam, akan tetapi ada juga sebagian kecil yang beragama kristen, Hindu, dan Sunda Wiwitan/Jati Sunda. Jika Suku Banten dikategorikan sebagai sub suku Sunda maka 17,8% penduduk Indonesia merupakan orang Sunda. 

Langsung Saja Berikut Angka-Angka Dalam Bahasa Sunda

1 = hijibahasa-sunda
2 = dua
3 = tilu
4 = opat
5 = lima
6 = genep
7 = tujuh
8 = dalapan
9 = salapan
10 = sapuluh
11 = sabelas
30 = tilu puluh
40 = opat puluh
100 = saratus
1000 = sarebu
6000 = genep rebu

Bahasa Sunda merupakan bahasa yang sangat besar di samping bahasa Jawa dalam perbahasaan yang ada di Indonesia. Mayoritas perbahasaan di miliki oleh orang Jawa Barat, termasuk Banten. Begitu juga jika ingin mengenal angka Bilangan dalam Bahasa Sunda.

Penyebaran Bahasa sunda termasuk pengenalan angka, diantaranya karena pengaruh budaya Jawa pada masa kekuasaan kerajaan Mataram-Islam, bahasa Sunda - terutama di wilayah Parahyangan - mengenal undak-usuk atau tingkatan berbahasa, mulai dari bahasa halus, bahasa loma/lancaran, hingga bahasa kasar.

Oya, setelah mengerti sedikit tentang Kesundaan,  maka akan Lanjutkan tentang Bilangan Angka ratusan dan ribuan bahkan jutaan dalam Bahasa Sunda.

200

dua ratus

201

dua ratus hiji

..

..

1.000

sa-rebu

..

..

1.000.000

sa-juta

..

..

1.000.000.000

sa-miliar

..

..

1.000.000.000.000

sa-triliun

..

..

1.000.000.000.000.000

sa-biliun

Nah, bilagan tak hanya Jutaan dalam bahasa Sunda dimana kita sangat mudah untuk mempelajari angka-angka tersebut utnuk menghafalnya. Selamat Belajar lebih dekat dengan Bahasa sunda.

0 Comments