Lagu Mars PGRI (Puisi untuk Guru)

Sajikan Lagu Mars PGRI sebagai kontemplasi Hari Guru tepatnya tangal 25 November sebagai puisi untuk Bapak Ibu guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa selamanya.

Lagu Mars ini kami tuliskan betapa besarnya guru dalam membimbing murid-murid selama ini sebagai penyemangat dan pewaris generasi bangsa di Indonesia. Semua itu merupakan andil Bapak/Ibu guru dalalm pembimbingan.

logo-prgi-puisi-guruMeski contoh tema mars guru, namun kita juga bisa mencuplik sebagian isi untuk kita jadikan sebagai Puisi untuk Bapak Ibu guru kita dalam pementasan atau acara yang bertemakan pendidikan, tema sekolah, bahkan yang lebih spesial sebagai tema puisi untuk guru.

Banyak jika tidak ingin memodifikasi lagu Mars guru yang isinya sangat dalam dan bermakna. Misal mengambil puisi Puisi Aku karya Khairil Anwar atau yang banyak berisi tentang tema pendidikan ataupun perjuangan.

Berikut Lagu Mars PGRI sebagai Puisi untuk Guru

Mars PGRI (P. Endropranoto)

PGRI abadi
tetap mempersatukan diri
Dengan nama nan sentosa
lahir negara kita

Wahai kaum guru semua
bangunkan rakyat dari g’lita
Kita lah penyuluh bangsa
pembimbing melangkah ke muka

Insyaflah ‘kan kewajiban kita
mendidik mengajar p’tra putri
Kita lah pembangun jiwa
pencipta kekuatan negara

PGRI abadi
bernaung di bawah sang panji
Sinar surya nan merata
anggotanya bersama

Insyaflah ‘kan kewajiban kita
mendidikan mengajar p’tra putri
Kita lah pembangun jiwa
pencipta kekuatan negara

Betapa pentingnya penghargaan bagi guru dalam menumbuhkan prestasi bangsa. Maka tak ada salahnya kita memberikan apresiasi tentang puisi, entah dalam tema apapun di sekolah, keluarga khususnya ibu kita.

Mereka juga sebagai pendidik dan pembimbing dalam keseharian dan contoh dalam lingkungan keluarga yang setiap hari selalu memantau kita. Maka puisi juga bisa kita berikan pada ibu kita.

Jika anda mahir menyerap contoh kehidupan ibu, maka anda juga bisa mentransfer sebagai , ataupun bahasa Jawa sebagai ejawantah generasi berikutnya.

Karena itu akan menambah kebahagiaan dalam keluarga dengan tema-tema puisi dari berbagai bahasa, yang tidak monoton bahasa Jawa atau Indonesia saja sebagai bahasa wajib bagi negara kita.

Intinya Mars PGRI di atas sebagai hadiah sekaligus sebagai Puisi untuk guru di tema hari guru baik guru di sekolah maupun guru di rumah. Guru selamanya akan tetap Guru….! Selamat Hari Guru.

0 Comments