Lirik Lagu Indonesia Pusaka Karya Ismail Marzuki

Indonesia mempunyai lagu wajib diantaranya Ciptaan Ismail Marzuki yaitu Lagu Indonesia Pusaka yang dinyanyikan pada setiap acara Nasional.
Lagu tersebut juga merupakan lagu perjuangan selain Lagu Indonesia raya yang sering dikumandangkan setiap upacara bendera merah putih atau upacara tertentu.

Berikut Isi Lagu Indonesia Pusaka Karya / Ciptaan Ismail Marzuki

Lirik Indonesia Pusaka:
(1) Indonesia tanah air beta
pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
tetap di puja puja bangsa
Di sana tempat lahir beta
dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
tempat akhir menutup mata

(2) Sungguh indah tanah air beta
tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan Maha Kuasa
bagi bangsa yang memujanya
Indonesia ibu pertiwi
kau kupuja kau kukasihi
Tenagaku bahkan pun jiwaku
kepadamu rela kuberi

Nah, bagaimana makna lagu Indonesia Pusaka untuk Indonesia dan semangat perjuangan para pendahulu? simak makna yang terkandung dalam bait setiap kalimat dalam paragraf lagu Indonesia pusaka tersebut.
Makna atau arti Lagu Indonesia Pusaka Bait Pertama:
Makna dari lagu indonesia pusaka ciptaan ismail marzuki adalah pada bait pertama Ismail Marzuki memberi tahu bahwa indonesia merupakan senjata yang selalu hidup didunia, Maksudnya indonesia merupakan negara yang kuat dan akan terus jaya untuk selamanya. Tidak hanya waktu masa perjuangan melawan penjajahan namun hingga kemerdekaan dan hingga sekarang dan masa depan.
Makna atau arti Lagu Indonesia Pusaka Bait Kedua:
Pada bait selanjutnya bermaknakan bahwa dari dulu sampai saat ini indonesia merupakan negara yang selalu di puja dan diagungkan oleh bangsa indonesia, sebagai pijakan akan kelahiran semangat kemerdekaan. bait ini menceritakan bahwa diindonesia lah kita lahir dan berkembang, bahkan sampai akhir hayat pun kita akan tetap berada di negara yang tercinta ini negara indonesia.
Makna atau arti Lagu Indonesia Pusaka Bait Ketiga:
Pada lagu Indonesia Pusaka Karya Ismail Marzuki  bait ini bermaknakan bahwa negara indonesia merupakan negara yang indah,banyak ditumbuhi pepohonan dan juga dikelilingi oleh lautan luas sehingga tidak ada satupun negara yang dapat menandingi negara indonesia. Betapa Indahnya alam Indonesia dari wilayah lain yang selalu subur dan kaya akan anekaragam hewani dan hayati.
Makna atau arti Lagu Indonesia Pusaka Bait Terakhir:
Lagu ini mengartikan tuhan sengaja menciptakan negara indonesia yang sangat indah dan sempurna untuk para bangsa indonesia yang selalu taat kepada tuhan yang maha esa. Karena Indonesia merupakan beraneka ragam suku bangsa dan Budaya, suku bangsa dan bahasa.
Info selengkapnya tentang kebudayaan Indonesia bisa anda baca di:
  1. Teks Sumpah Pemuda Indonesia (28 Oktober) : Dokumentasi lengkap dan asli tentang teks sumpah pemudah yang asli dan sudah di revisi.
  2. : Berisikan Innformasi Pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia dari Sabang hingga merauke.
  3. : Nah, ini merupakan warisan lagu budaya Indonesia yang lengkap dari 33 Provinsi di Indonesia yang bisa menjadi pembelajaran yang khusus sebagai info menarik dari .
Lengkap sudah referensi Lagu Indonesia Pusaka beserta analisis sejarah dari Ciptaan Ismail Marzuki sebagai wawasan Budaya Nusantara Indonesia sebagai Makalah atau Karangan atau tugas sekolah /Makalah ataupun Bahasa Indonesia.

0 Comments