Setting Robot Txt Blogspot lebih SEO Friendly

Cara setting Robot txt sebelumnya untuk Wordpress dan sekarang cara untuk Blogspot pakai robot txt yang bisa menambah optimasi blog kita.

robot txt for blogspotNamun sebelumnya, mari kita bahas dulu apa itu Robot txt itu? Robot txt merupakan alat analisa buat blog dimana mesin pencari agar bisa menelusuri blog sesuai dengan apa yang kita inginkan, dan apa saja yang harus di crawl oleh mesin pencari, seperti google, msn, bing dan berbagai mesin pencari.

Sehingga, file-file yang ada dalam blog kita, seperti label, arsip agar tidal dirayapi oleh mesin pencari maka dapat disetting dengan robot txt yang sudah di sediakan oleh blogger atau blogspot.com.

Hal-hal robot txt juga bisa menambah optimasi blog kita untuk di index/crawl, karena mesin pencari juga bisa fokus dalam pencarian blog kita karena tidak semua blog juga harus di crawl/index oleh google.

Bahkan terkadang ada beberapa situs atau blog juga tak perlu di index karena sesuatu hal atau sedang ikut program-program tertentu oleh para pemilik blog.

Ok, langsung saja Setting Robot Txt Blogspot untuk Blogspot

:1. Kita harus masuk pada blogger kita untuk setting robot txt.

2. Cari setelah pada sebelah kiri kemudian cari preferensi penelusuran

3. setelah di preferensi penelusuran disebelah kanan ada robot txt khusus. Isikan data berikut di dalamnya:

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: Googlebot
Allow: /
Disallow: /search
Disallow: /?m=0
Disallow: /view/*

User-agent:*
Allow: /
Disallow: /search
Disallow: /?m=0
Disallow: /view/*

Sitemap: http://kabar-qt.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated&max-results=999

(url yang bergaris tebal, harap ganti dengan url blog sobat)

robot-txt-seo-blog

4. Kemudian dibawahnya ada tag tajuk robot khusus, centang sesuai yang anda butuhkan, yakni mana saja blog yang ingin di index/crawl oleh mesin pencari. Ini bisa cepat ke index tergantung optimasi blog sobat. Bisa juga mengikuti settingan seperti blog seeprti settingan di gambar.

setting-robot-txt-blogspot

Cara Setting Robot Txt Blogspot di atas saya rasa lebi efektif dan sekaligus bisa membuat blog lebih SEO Friendly karena yang di index oleh mesin pencari bisa selektif. Selamat mencoba, semoga berhasil

0 Comments