10 Panduan Modul--Materi Motivasi bag Motivator & Trainer

Seorang motivator memang harus mempunyai konsep dalam memberikan motivasi. Materi motivasi harus dirancang sebaik mungkn untuk memberikan hasil yang maksimal. Entah dalam trik-trik motivasi atau materi lengkap tentang motivasi yang harus dimiliki.

Berikut 10 Panduan Modul atau materi Motivasi yang bisa dijadkan referensi untuk dijadkan pijakan bagi seorang motivator dalam memberikan motivasi:

1. MUSCLE TEST (TES KEKUATAN OTOT)

Pembuktian pengaruh kekuatan pikiran kepada fisik manusia. Bila pikiran dan emosi negatif, otot menjadi lemah, dan sebaliknya bila positif otot menjadi kuat.

Aplikasi untuk peserta:
Modul ini membuka wawasan dan menanamkan pemahaman bahwa berpikir positif yang dipicu diri sendiri adalah suatu keharusan yang perlu kita dalam sistem kehidupan kita, sehingga menjadi dasar agar selalu bersikap dan berperilaku positif.


2. V.A.K (VISUAL - AUDITORY - KIESTATIC)
Teknik mengetahui sifat dominan orang lain dalam waktu lebih kurang 5 menit, dan bagaimana kita dapat bersikap sesuai kebutuhan stimulan orang lain, sehingga orang tersebut mudah menerima kita dan membangun hubungan yang baik.

Aplikasi untuk peserta:
Penguasaan modul ini akan menanamkan bahwa tanggung jawab dalam membangun hubungan dan komunikasi yang baik harus datang dari diri sendiri, dan bukan sebaliknya.


3. STATE MANAGEMENT
Pemahaman tentang apa yang menyebabkan sikap / perilaku manusia, dan teknik untuk mengendalikan emosi dan sikap.
Aplikasi untuk peserta:
Dengan menguasai modul ini peserta akan lebih mudah mengendalikan emosi dan perilaku.


4. TINGKATKAN KEYAKINAN DAN PERCAYA DIRI
6 teknik untuk mengatasi "nervous", ragu-ragu, dan tidak percaya diri.
Aplikasi untuk peserta:
Modul ini sangat membantu meningkatkan konsentrasi dalam persiapan menghadapi berbagai aktivitas, seperti interview, ujian, pertandingan/perlombaan, dan tampil di hadapan orang banyak, sekaligus mengatasi "nervous" sesaat sebelum tampil.

5. MATCH AND MIRROR

Teknik pendekatan kepada orang/kelompok, bagaimana memutar balikkan sikap apriori seseorang dan membuatnya merasa nyaman dan bersahabat dalam 5 - 10 menit.

Aplikasi untuk peserta:
Adalah wajar bila terjadi sesuatu perbedaan pendapat dalam berinteraksi / berkomunikasi. Dengan mengaplikasikan teknik ini, seseorang dapat memutarbalikkan kericuhan / kemelut dalam suatu perbedaan pendapat, dan mencapai solusi tanpa ketegangan.

6. STRESS RELIEF
Teknik memicu Sub-conscious Mind (Kekuatan Bawah Sadar) untuk melepaskan beban-beban pikiran dan emosi, baik yang disadari maupun tidak disadari, dan menanamkan kekuatan mental positif.

Aplikasi untuk peserta:
Ibrat sebuah kendaraan yang akan digunakan di arena balap, kendaraan tersebut harus di-tune-up terlebih dahulu. Demikian pula manusia, mereka perlu melepaskan beban negatif, mendapatkan pencerahan dan motivasi, dan dikondisikan sudut pandangnya dengan memanfaatkan kekuatan bawah sadar, agar bersikap positif dan percaya diri dalam berkarya.

7. COMPLIMENTS (PUJIAN DAN PENGHARGAAN)
Merupakan kelanjutan dari Stress Relief, memanfaatkan momentum yang telah dibangun dalam pelatihan untuk melakukan action melepaskan beban negatif, memperbaiki hubungan dengan seseorang, dan meningkatkan kekuatan mental.

Aplikasi untuk peserta:
Dalam sesi ini peserta akan didorong untuk memperbaiki secara aktif hubungan yang buruk atau terputus, maupun meningkatkan kualitas hubungan yang sudah baik, sehingga tercipta suasana kerja yang kompak dan harmonis.

8. TELEPATHY
Memahami telepati dan teknik untuk melatihnya.

Aplikasi untuk peserta:
Telepati masih dianggap "magic" oleh sebagian orang. Padahal setiap orang mampu melatihnya dan mungkin mereka telah melakukannya tanpa disadari. Dalam sesi ini akan dijelaskan apa itu telepati dan bagaimana melatih dan memanfaatkannya.

9. SWISH PATTERN
Terapi bagaimana phobia dan trauma, sekalipun sudah bertahun-tahun, dapat dihilangkan dalam 5 - 10 menit.
Aplikasi untuk peserta:
Sebagian orang mengalami kesulitan dalam melepaskan beban emosi dan pikiran ngeatif dalam dirinya. Aplikasi teknik ini membantu peserta untuk merubah suatu trauma menjadi potensi dalam berprestasi. (Turn Fear Into Power)

10. FIREWALK
Berjalan di atas bara api, sebagai pembuktian kekuatan pikiran, sekaligus sebagai simbol bahwa apa yang selama ini dianggap mustahil ternyata dapat dilakukan dengan keyakinan dan kekuatan pikiran yang telah kita miliki.
Aplikasi untuk peserta:
Di awal proses ini para peserta menuliskan komitmen mereka. Kepada mereka kemudian diberikan kesempatan untuk membuktikan kesiapan dalam mewujudkan komitmennya dengan berjalan di atas bara api.

Modul pelatihan yang kami uraikan di sini barulah separuh dari modul pelatihan kami. Dan modul-modul di atas tidak berdiri sendiri-sendiri, tetapi kami rangkai secara sistematis sehingga menciptakan kondisi, suasana, dan momentum sedemikian rupa yang akan membuka pikiran dan menggugah hati untuk membangun paradigma dan sikap ke arah yang lebih positif.

Siliahkan baca referensi berikut sebagai referensi lebih dalam beserta modul motivasi yang lebih lengkap untuk bisa di download. Salam sukses..!

0 Comments